TERAPI SHOLAT KHUSUK – UNTUK MERAIH SUKSES DAN KEMENANGAN

Oleh :Fadhil ZA

Sholat adalah kegiatan ibadah wajib yang dilakukan umat Islam minimal 5 kali sehari semalam. Bahkan Rasulullah tidak cukup hanya dengan mengerjakan sholat 5 waktu ia menambahkan dengan sholat sunat rawatib sebelum dan sesudah sholat wajib, sholat tahajud atau sholat malam,sholat Dhuha dan sholat sunah lainnya. Apakah kekuatan yang terkandung dalam sholat itu, hingga Rasulullah begitu mengutamakan mengerjakan sholat dalam kesehariannya ??.

 

Sebagian besar umat Islam menganggap sholat hanya sebagai satu kegiatan ritual yang harus dikerjakan setiap hari. Banyak diantara umat Islam yang mengerjakan sholat namun tidak merasakan manfaat sholat selain dari letih dan lelah, bahkan ada diantara mereka yang mengerjakan sholat dengan malas dan menganggap kegiatan sholat hanya membuang waktu saja. Jika mereka memahami sebenarnya dalam ritual sholat terdapat kekuatan maha dahsyat yang dapat memberi kekuatan kepada mereka dalam mengatasi berbagai masalah kehidupan.

Orang yang melakukan sholat dengan tepat dan benar niscaya dapat merasakan kekuatan dahsyat yang muncul sebagai efek dari pelaksanaan sholat tersebut. Energi dahsyat yang muncul dari pelaksanaan sholat yang khusuk dan benar memberi kekuatan dan kemudahan bagi seseorang dalam menghadapi berbagai masalah didunia ini. Allah menjamin kemenangan dan keberhasilan bagi orang yang khusuk dalam sholatnya, sebagaimana disebutkan dalam surat Al Mukminun ayat 1-2 :

 

1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,
2. (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya, (Al Mukminun 1-2)

Bagaimana energi dahsyat itu bekerja ?, mengapa banyak orang yang sholat tidak pernah merasakan keberadaan energi yang dahsyat itu? Energi yang dahsyat ini hanya dapat dirasakan dan dimanfaatkan oleh orang yang khusuk dalam sholatnya. Untuk mendapatkan sholat khusuk kita harus mengenal kekuatan utama yang ada didalam diri manusia dan mengenal mekanisme kerja energi tersebut. Ada 3 kekuatan utama manusia yang harus kita pahami mekanisme dan prinsip kerjanya untuk mendapatkan sholat khusuk yaitu:

  1. Kekuatan fikiran dan hati manusia
  2. Kekuatan hukum ketertarikan (Law of attraction)
  3. Kekuatan Imajinasi dan Visualisasi


A . Kekuatan fikiran dan hati manusia

Allah telah menjadikan manusia dengan sempurna, melebihi mahluk lainnya dibumi ini. Allah menempatkan kekuatan utama manusia di dalam Otak dan Dada mereka. Akal dan fikiran yang terdapat didalam otak, dan hati yang terdapat didalam dada merupakan kekuatan utama manusia yang menyebabkan manusia memiliki kelebihan dibandingkan mahluk lainnya.

Kekuatan Fikiran

Para ahli membagi fikiran yang berpusat pada otak ini menjadi dua, yaitu fikiran sadar dan fikiran bawah sadar. Fikiran sadar pada belahan otak sebelah kiri bertugas menghitung, menganalisa, mengevaluasi situasi dan keadaan yang dialami kemudian mengambil keputusan apa tindakan yang harus dilakukan.

Fikiran bawah sadar pada belahan otak sebelah kanan bertugas antara lain mengendalikan saraf motorik yang menggerakan fungsi organ tubuh seperti denyut jantung, kedipan mata, keluar masuk nafas, peredaran berbagai enzym dan cairan dalam tubuh. Menyimpan memori ingatan kejadian masa lalu. Menyimpan ilmu dan keterampilan. Menyimpan Citra diri. Merasakan keindahan seni dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan sehari hari ternyata fikiran bahwa sadar berperan jauh lebih besar daripada fikiran sadar. Fikiran bawah sadar menguasai 88% dari kehidupan manusia sedang fikiran sadar hanya menguasai 12%. Beberapa perananan dan fungsi fikiran bawah sadar dalam kehidupan manusia antara lain

  • Fikiran bawah sadar merupakan blueprint kehidupan seseorang
  • Kiprah seseorang dibatasi oleh batasan yang ada didalam fikiran bawah sadarnya
  • Fikiran bawah sadar negatif akan menarik berbagai kejadian buruk kedalam kehidupan seseorang, yang menyebabkan berbagai kesulitan dan penderitaan pada orang tersebut
  • Fikiran bawah sadar positip akan menarik berbagai kejadian baik kedalam kehidupan seseorang yang menyebabkan kesuksesan dan berbagai keberuntungan pada orang tersebut.
  • Fikiran bawah sadar membentuk citra diri positip atau negatif pada diri seseorang
  • Setiap orang akan mejalani kehidupan sesuai dengan gambaran mental yang tertanam dalam fikiran bawah sadarnya.
  • Gambar mental fikiran bawah sadar cenderung untuk menjelma kedalam kehidupan nyata seseorang

Kondisi dan keadaan hidup seseorang akan dibentuk dan dipengaruhi oleh kondisi dan pengaruh yang dominan tertanam dalam fikiran bawah sadar. Baik buruknya nasib seseorang tergantung pada apa yang dominan mempengaruhi fikiran bawah sadar ini.

Mengenal hati (Qalbu)

Hati manusia yang terdapat didalam dada merupakan kekuatan sentral yang menguasai fikiran manusia terutama fikiran bawah sadar. Didalam hati manusia terdapat 4 ruangan, yang masing masing berisi hal yang Diinginkan, hal yang Ditakuti, Kekuatan hati dan Penyakit hati.

Hal yang diinginkan manusia antara lain : ingin senang, bahagia, kaya, sehat, aman, sejahtera, dihormati, dihargai

Hal yang ditakuti manusia antara lain : Takut mati, susah, melarat, sengsara menderita, dikucilkan, dihina, miskin dll

Kekuatan didalam hati manusia antara lain : Iman, takwa, tawakal, sabar, ikhlas, jujur, ulet, amanah

Penyakit didalam hati manusia antara lain : Musyrik, kafir, munafik, khianat, dusta, dengki, dendam, sombong, ria, ujub, takabbur,

Manusia berusaha menjauh dari hal yang ditakuti menuju hal yang diinginkan. Dalam usahanya mendapatkan hal yang diinginkan manusia didukung dan dirongrong oleh kekuatan dan penyakit yang terdapat didalam hatinya. Jika hatinya dipenuhi penyakit sulit baginya untuk mendapat apa yang diinginkan itu , tapi jika hatinya dipenuhi kekuatan ia bisa mendapatkan semua yang diinginkan itu dengan mudah .

Fikiran manusia dipengaruhi oleh ruang mana yang dominan dari ke empat ruang yang ada didalam hati tersebut, jika hati manusia dipenuhi penyakit dan diliputi hal yang ditakuti maka fikiran bawah sadar akan dipenuhi dengan berbagai hal negatif yang pada akhirnya akan menjelma dalam kehidupan nyata orang yang bersangkutan. Sebaliknya jika hati manusia dipenuhi kekuatan dan diliputi berbagai hal yang diinginkan maka fikiran bawah sadar akan dipenuhi berbagai hal positip yang juga akan menjelma dalam kehidupan nyata orang yang bersangkutan. Suasana hati sangat besar pengaruh nya pada fikiran bawah sadar manusia , hati adalah alat kontrol bagi gelombang yang dipancarkan oleh fikiran bawah sadar.

Kita harus selalu berusaha agar fikiran kita selalu memancarkan gelombang energi positip ke alam semesta, namun sungguh tidak mudah bagi kita untuk mengatur agar fikiran kita selalu positip, karena fikiran kita tidak pernah diam, ia selalu berubah sampai 60.000 kali dalam sehari semalam. Cara termudah untuk mengetahui pancaran gelombang fikiran kita adalah dengan mengamati suasana hati, jika hati merasa positip, bahagia, nyaman, sejahtera,gembira, optimis itulah saatnya fikiran memancarkan gelombang positip ke alam semesta. Ketika hati merasa sedih, kecewa, takut, cemas, jengkel, iri dan dengki, stress dan tertekan berkepanjangan, itulah saatnya fikiran memancarkan gelombang energi negatif kealam semesta. Hati adalah alat kendali dan barometer suasana fikiran kita.

B. Hukum ketertarikan (Law of attraction)

Dialam semesta ini berlaku hukum tarik menarik, kebaikan akan menarik kebaikan dan keburukan akan menarik keburukan pula. Fikiran manusia merupakan gelombang energi yang memancar kealam semesta menarik segala sesuatu yang sama dengan gelombang fikiran yang dipancarkan. Setiap orang akan mengalami berbagai hal yang ditarik oleh gelombang fikiran kearah dirinya. Kejadian baik atau buruk yang dialami setiap orang adalah penjelmaan apa yang ditarik oleh gelombang fikiran kepada dirinya sendiri.

Hukum ketertarikan merupakan hukum alam sama seperti hukum gravitasi yang menarik semua benda jatuh ke bumi. Siapapun dia jika jatuh dari gedung berlantai 10 pasti akan jatuh kebawah, menyentuh lantai dan hancur. Siapapun dia jika fikirannya dipenuhi kesulitan, serba kekurangan, kemelaratan, kemalangan, rasa tersisih, kondisi kondisi yang dirasa dan fikirkan itu akan segera hadir dalam kehidupan nya. Demikian pula jika fikiran seseorang dipenuhi kegembiraan, rasa kelimpahan dan berkecukupan, relasi yang menggembirakan, kondisi tersebut juga akan hadir dalam kehidupan mereka yang nyata.

Kita harus mampu mengendalikan gelombang yang dipancarkan oleh fikiran dan perasaan kita, gelombang fikiran dan perasaan negatif serta buruk akan mendatangkan berbagai kejadian buruk pada diri kita demikian pula gelombang fikiran positip dan baik akan mendatangkan berbagai kejadian baik dan menyenangkan pada diri kita. Berbagai kejadian buruk yang kita alami hari ini adalah penjelmaan fikiran dan perasaan kita dimasa lalu, segera putuskan matarantai keburukan itu dengan merubah kondisi fikiran dan perasaan menjadi positip. Jika kita tidak segera merubah fikikran dan perasaan kita menjadi positip dan baik maka kejadian buruk itu akan terus menerus berulang dan meronrong kehidupan kita.

C. Kekuatan Imajinasi dan Visualisasi

Sebagaimana layaknya komputer yang memiliki layar monitor, manusia juga memiliki layar monitor didalam fikirannya. Apa yang didengar dan dilihat bisa ditampilkan didalam layar monitor fikiran, demikian pula apa yang dirasakan didalam hati bisa pula ditampilkan didalam layar monitor fikiran. Apa yang tergambar jelas didalam layar monitor fikifran manusia cenderung menjelama kealam nyata. Dunia ini dibentuk oleh gambar mental yang terbayang didalam layar monitor fikiran manusia

Kehidupan dunia modern dewasa inipun diciptakan dari gambar mental yang terdapat dalam layar monitor fikiran para para pemimpi dan penghayal. Pesawat terbang, mobil, kereta api, radio, televisi, pesawat telepon, pembangkit listrik dan berbagai fasilitas kehidupan modern dewasa ini berasal dari imajinasi dan khayalan para pemimpi. Orang besar selalu melihat sesuatu didalam fikirannya sebelum orang lain melihatnya, lalu mereka mewujudkan impiannya itu ke alam nyata. Pesawat terbang tercipta dari mimpi dua bersaudara Wright. Bola lampu listrik yang menerangi dunia muncul dari mimpi Thomas A Edison. Dan banyak lagi temuan menakjubkan didunia ini yang lahir dari para pemimpi dan penghayal.

Dunia ini dibentuk oleh imajinasi dan gambar visualisasi yang ditampilkan secara kontinu didalam layar monitor fikiran. Demikian pula jalan hidup dan keadaan yang akan dialami seseorang merupakan penjelmaan dari gambar visualisai yang tampil secara terus menurus didalam layar monitor fikiran seseorang. Kita bisa menciptakan masa depan kita sendiri dengan membentuk imajiasi dan gambar yang jelas dan kontinu didalam layar monitor fikiran kita.

 

D. Sholat khusuk

Keadaan khusuk adalah keadaan single fokus yang dialami oleh seseorang. Kondisi ini sama dengan kondisi hypnosis dimana fikiran dan perasaan seseorang fokus pada apa yang diucapkan, fikirkan (bayangkan) dan rasakan. Keadaan seperti inilah yang dialami oleh orang yang sedang khusuk, keadaan khusuk ini sama dengan kondisi hypnosis yang dialami seseorang. Kapan terjadinya kondisi Hypnosis (single fokus) pada seseorang ? pernahkah anda mengalami salah satu kondisi dibawah ini?

  • Sangat mengantuk ketika duduk dikendaraan
  • Asyik menonton pertandingan club bola pavorit anda di layar televisi
  • Asyik mendengar cerita bersambung kesayangan anda di radio
  • Asyik membaca buku cerita atau novel
  • Anda asyik main video game online hingga lupa waktu
  • Anda terhanyut saat menonton video film dan ikut terbawa emosi marah, sedih atau kecewa mengikuti alur cerita
  • Anda membeli sesuatu ditoko, sampai dirumah anda baru sadar bahwa anda tidak memerlukan benda itu
  • Anda selalu membeli produk tertentu tap dapat menjelaskan kenapa anda membeli produk tersebut
  • Tangan dan kaki anda bergoyang dan menghentak hentak mengikuti irama musik yang anda dengar

Jika ya… itulah saatnya anda memasuki kondisi hypnosis atau kondisi single fokus. Kondisi single fokus inilah yang dimanfatkan oleh para ahli hypnotis untuk menghipnotis atau menterapi pasiennya dalamk rangka pengobatan dengan hypnoterapi. Kondisi hypnosis bukan kondisi aneh, itu adalah kondisi yang selalu kita alami setiap hari. Setiap hari dan setiap waktu kita selalu keluar masuk kedalam keadaan hypnosis.

Lantas apa hubungannya kondisi Hypnosis dengan sholat khusuk? Dalam sholat sebenarnya semua orang mulai masuk kedalam kondisi hypnosis. Tatkala sholat dimulai dengan mengucapkan takbiratul ihram ,fikiran mulai fokus kearah internal diri kita. Hal ini ditandai dengan suasana relaks dimana peranan fikiran sadar mulai berkurang dan fikiran bawah sadar menguat mendominasi keadaan. Pada sebagian orang fikiran mulai melantur mengingat masa lalu, problem yang sedang dihadapi, kunci yang tertinggal entah dimana, pekerjaan yang belum selesai dan lain sebagainya. Dalam kondisi ini ada kalanya kita bisa menemukan barang yang sudah lama hilang.

Dalam kondisi hypnosis pengaruh yang ditanamkan kedalam fikiran bawah sadar akan tertanam kuat, itulah yang dilakukan oleh para ahli hipnotis terhadap pasien atau clientnya. Dalam sholat fikiran bawah sadar terbuka lebar dan menunggu kalimat perintah, saran, apa saja yang akan ditanamkan didalamnya. Namun sayang pada sebagian orang karena tidak mengerti bacaan yang dibacanya atau didengar dari Imam shalat, fikiran bawah sadar hanya berada pada posisi menunggu saran atau perintah yang tidak kunjung datang, akibatnya fikiran hanya melayang layang melantur tak tentu arah. Selesai shalat… mengucapkan salam mereka kembali sadar memasuki alam nyata, dan sholat tidak membawa bekas pada dirinya

Dalam sholat khusuk kondisinya berbeda, ketika takbiratul ihram dikumandangkan dan suasana hypnosis telah didapat fikiran mulai fokus pada apa yang diucapkan oleh mulut atau didengar dari Imam shalat . Fikiran bawah sadar terbuka lebar untuk menerima saran dari kalimat yang dibaca oleh mulutnya atau didengar dari Imam shalat. Ucapan, fikiran dan perasaan orang yang khusuk berada dalam kondisi yang sama. Mulutnya mengucapkan (A) fikirannya membayangkan (A) dan hatinya merasakan (A) pula. Fikiran dan perasaan pelaku sholat khusuk hanyut terbawa oleh bacaan atau ayat Qur’an yang dibaca dalam sholat. Seluruh kalimat yang dibaca dalam sholat akan menghunjam kedalam fikiran bawah sadar, tertanam kuat dilubuk hati nan dalam, membentuk pola fikir dan pribadi yang sesuai dengan ayat yang dibaca atau didengar.

Dalam sholat yang tidak khusuk walaupun kondisi hypnosis bisa didapat, namun fikiran bawah sadar hanya melantur tak tentu arah. Antara ucapan, fikiran dan perasaan tidak sejalan. Mulutnya mengucapkan (A) fikirannya membayangkan (B) dan hatinya merasakan (C). Sholat yang dilakukan dengan cara ini walaupun secara rukun shalatnya sah, namun hasil dan manfaat yang didapat tidak maksimal. Rasulullah mengatakan :”Berapa banyak orang yang sholat namun tidak ada yang didapat selain letih dan lelah saja”. Mungkin ini yang dimaksud dengan orang yang lalai dalam sholatnya sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Maun 4-5 :

 

  1. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat, 5- (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya,

(Al Maa’uun 4-5)

Untuk mendapatkan sholat khusuk, pelakunya mutlak harus mengerti dan paham dengan ayat yang dibaca atau didengar dari Imam ketika sholat. Jika pelaku sholat tidak mengerti dan paham dengan ayat yang dibaca atau didengar, maka kondisi hypnosis hanya akan diisi dengan lamunan dan fikiran yang melantur kesana kemari. Pelaku sholat tidak akan mendapat manfaat dan hasil yang maksimal dari sholatnya selain capek, lelah dan bosan. Sholat tidak meninggalkan bekas yang berarti dalam kehidupannya. Sasaran yang hendak dicapai sesuai tuntunan Rasulullah tidak akan didapat. Dalam surat An Nisa’ ayat 43 Allah mengingatkan orang yang tidak mengerti apa yang dibaca dalam sholat sama seperti orang yang mabuk.

:

” Hai orang yang beriman, janganlah kalian sholat sedang kamu dalam keadaan mabuk,
hingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…”. (An Nisa’43)

Seluruh bacaan yang dibaca dalam sholat merupakan kalimat toyyibah yang memberikan efek positip pada hati dan fikiran pelakunya. Jika sholat dilakukan dengan khusuk dan benar, maka hati dan fikiran pelaku akan dibentuk oleh ayat yang dibaca menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Hati dan fikiran akan selalu memancarkan gelombang positip kealam semesta, yang pada gilirannya akan mendatangkan berbagai kebaikan kepada pelaku sholat tersebut. Kondisi inilah yang men yebabkan orang yang khusuk dalam sholatnya selalu mendapat kemenangan sebagaimana telah disebutkan dalam surat Al mukminun ayat 1-2 pada awal tulisan ini.

 

E. Terapi sholat khusuk

Dewasa ini banyak orang yang mendatangi klinik-klinik hypnoterapi untuk berbagai hal, antara lain menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok, kecanduan obat terlarang, menghilangkan perasaan takut dan cemas yang berlebihan, menghilangkan sifat malas, dan lain sebagainya. Hypnoterapi juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kepribadian dan membangkitkan motivasi diri untuk mendapat kesuksesan dan keberhasilan. Terapi dilakukan dengan memasukan informasi, saran, atau dorongan untuk melakukan sesuatu kedalam fikiran bawah sadar dalam keadaan hypnosis.

Hypnosis bercirikan keadaan yang single focus, dalam kondisi single focus orang lebih peka terhadap proses dalam tubuhnya termasuk proses pengindraannya. Karena fokusnya ke satu hal maka pembelajaran lebih mudah terjadi jika dibandingkan dengan pembelajaran saat Anda fokus ke beberapa hal. Untuk sampai ke keadaan single focus ini beragam metoda dapat dilakukan. Anda bisa duduk di kursi dengan mata terpejam sambil menyadari masuk dan keluarnya nafas. Anda bisa fokuskan perhatian kepada suatu titik, gambar, gerakan benda. Anda bisa juga mengingat keadaan yang menyenangkan dan merasakannya kembali. Anda bisa mengingat kembali pengalaman saat sedang menonton acara yang membuat anda nyaman. Anda bisa pula menghitung mundur dari 100 hingga 1 dan menyadari semakin mundur semakin relaks. Cara-cara untuk masuk ke dalam keadaan fokus ini dinamakan INDUKSI. Tujuan dari induksi ini adalah agar anda lebih relaks, sehingga anda lebih fokus dan bank ingatan anda terbuka.

Dalam keadaan sholat sebenarnya seseorang sudah masuk kedalam kondisi hypnosis (single focus). Dalam kondisi ini peranan fikiran sadar menurun dan fikiran bawah sadar menguat. Fikiran bawah sadar terbuka dan fokus untuk menerima perintah, saran, atau larangan. Sayangnya bagi mereka yang tidak mengerti bacaan yang dibaca dan didengar didalam sholat, pesan yang dinantikan oleh fikiran bawah sadar tidak kunjung diterima. Akibatnya fikiran bawah sadar mencari sendiri pesan yang dibutuhkan, fikiranpun mulai melayang kemana-mana tak tentu arah. Kondisi hypnosis ini akan berhenti dengan sendirinya setelah mengucapkan salam tanda selesai sholat.

Orang yang mengerti dan paham dengan ayat yang dibaca atau didengar dalam sholat , fikirannya akan fokus pada ayat yang dibaca dan didengar. Seluruh saran, perintah, larangan, ataupun nasehat yang terkandung didalamnya akan diterima oleh fikiran bawah sadar dan terhunjam kuat didalamnya. Proses masuknya informasi atau pesan yang disampaikan oleh ayat yang dibaca dalam sholat mirip dengan proses hypnoterapi. Inilah kondisi yang dicapai oleh orang yang khusuk dalam sholatnya.

Sholat khusuk bisa menggantikan fungsi dari hypnoterapi. Sholat khusuk bisa menghilangkan berbagai sifat buruk, membangkitkan motivasi, menghilangkan perasaan sedih, gelisah, cemas dan. berbagai sifat negatif lainnya. Sholat khusuk bisa membentuk pribadi yang tangguh dan kuat, yang mampu menghadapi berbagai masalah dan problem yang dihadapinya.

Terapi sholat khusuk bisa dilakukan dengan menghafal beberapa ayat Qur’an yang sesuai dengan terapi yang akan dilakukan. Ayat tersebut harus dihafal berikut terjemahannya, dipahami makna dan maksudnya, dibaca dalam sholat dengan tartil. Ikutkan imajinasi, pemahaman dan penghayatan.

Beberapa contoh ayat Qur’an yang bisa digunakan untuk terapi antara lain

  • Menghadapi musibah dan bencana : Al Baqarah 45, 153-157, 177, 214, 284-286 Ali Imran 26-27,160 – Al Ankabut 1-3
  • Mengatasi godaan dunia dan syahwat : Ali Imran 14-15, Al Hadit 20-21, Al Mukmin 1-11, Fathir 5-7, An Nur 21, An Nahl 96-100
  • Meraih sukse dan kemenangan : Ali Imran 26-27 dan 160, Fathir 1-4, An Nur 55-56,

Beberapa ayat diatas hanya contoh, pada dasarnya seluruh ayat Qur’an merupakan ayat terapi yang dapat menghilangkan berbagai sifat buruk dan membentuk pribadi Mukmin yang kuat dan tangguh, menghadapi kehidupan dunia dan akhirat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s