Terapi Shalat Subuh Mengatasi Maksiat

(e-arrahman.com). Orangtua wajib memperhatikan shalat subuh anak-anaknya.

Ciri ciri anak Remaja yang bermasalah :

1. Bangunnya suka kesiangan, karena suka begadang.

2. Lama dikamar mandi. Kamar mandi itu tempatnya jin dan syetan, kadang dipakai para remaja untuk melampiaskan syahwatnya.

Fadhilah Shalat Shubuh :

1. Siapa yang melaksanakan shalat subuh berjama’ah berturut-turut 40 hari maka ia akan mendapatkan pahala; Pembebasan dari Api Neraka dan Pembebasan dari sifat Nifaq (Kemunafiqan). HR Tirmidzi

Makna NifaQ menurut bahasa yaitu salah satu lobang tempat keluarnya yarbu (hewan sejenis tikus) dari sarangnya, dimana jika ia dicari dari lobang yang satu maka akan keluar dari lobang yang lain.

Nifaq menurut syara’ yaitu menampakkan Islam dan kebaikan tetapi menyembunyikan kekufuran dan kejahatan.

Nifaq terbagi 2, yaitu Nifaq I’tiqady dan Nifaq ‘Amaly.

Nifaq I’tiqadi (keyakinan) yaitu nifaq besar, di mana pelakunya menampakkan keislaman, tetapi menyembunyikan kekufuran. Jenis nifaq ini menjadikan keluar dari agama dan pelakunya berada di dalam kerak neraka. Allah Subhanahu waTa’ala menyifati para pelaku nifaq ini dengan berbagai kejahatan, seperti kekufuran, ketiadaan iman, mengolok-olok dan mencaci agama dan pemeluknya serta kecenderungan kepada musuh-musuh agama untuk bergabung dengan mereka dalam memusuhi Islam.

Nifaq jenis ini ada empat macam:

1.Mendustakan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam atau mendustakan sebagian dari apa yang beliau bawa.

2.Membenci Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam atau membenci sebagian apa yang beliau bawa.

3.Merasa gembira dengan kemunduran agama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam .

4.Tidak senang dengan kemenangan agama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam .

Nifaq amali (perbuatan) yaitu melakukan sesuatu yang merupakan perbuatan orang-orang munafiq, tetapi masih tetap ada iman di dalam hati. Nifaq jenis ini tidak mengeluarkannya dari agama, tetapi merupakan perantara (wasilah) kepada yang demikian. Pelakunya berada dalam iman dan nifaq.

Nahnu nahkumu bizhzhawaahir wAllahu yahkumu bissaraa’ir :”Kami hanya menghukumi yang zahir dan Allah lah yang menghukumi yang tersembunyi”.

Siksaan bagi orang-orang Munafik adalah :”Akan dimasukkan ke Neraka yang paling bawah. (QS. An-Nisaa’ 145)

Diantara tanda akhir zaman yaitu :”Memberikan nama baru atau istilah baru namun hakekatnya sesat, seperti : Undian Berhadiah, rupanya Judi. Ta’arufan rupanya Pacaran. Bahkan sampe ke tingkat politik pun kadang Dalil sampe diplintir. Seperti ayat;”Walaa taqrabaa hadzihisy syajarah”. Janganlah engkau mendekati pohon ini.. Dikarenakan ada partai yang berlambang pohon.

Permisalan orang yang bertauhid dan orang munafik adalah orang bertauhid digambarkan ibarat pohon akarnya kokoh didalam tanah (QS. Ibrahim 24)dan rantingnya tinggi menjulang ke langit. Sebaliknya orang munafiq ibarat pohon yang akarnya hampir tercabut dan rantingnya lemah, gampang patah.

Fadhilah Shalat Subuh,
Yang ke-Dua yaitu: Allah akan berkahi ummatnya diawal pagi. Sabda Nabi sebagai do’a untuk ummatnya; Allaahumma baarik liummatii fii bukuurihim. (Yaa Allah berkahilah ummatku diawal paginya). HR Tirmidzi

Berani bangun di waktu subuh adalah suatu keberanian memasuki zona nyaman. Membentuk jiwa militan terhadap godaan-godaan setan dari ngantuk, tidur dll.

Mencontoh Sahabat Abu Bakar RA yang sebelum subuh telah berkeliling bershadaqah dan menjenguk orang sakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: